Pages

Jumat, 30 September 2011

Materi Kehidupan


MATERI KEHIDUPAN

Beberapa ahli Filisofi dari Yunani mempercayai bahwa variasi yang besar dari suatu zat muncul empat elemen dasar yaitu air, udara, api dan tanah. Ke empat elemen tersebut tidak dapat diuraikan ke dalam bentuk lain.

Pengertian Atom, Unsur, Molekul, Ion Larutan Dan Aplikasi  Ikatan
      Kimia

1.      ATOM
Atom adalah partikel terkecil dari suatu unsur yang tetap dan memiliki sifat fisika dan kimia. Para ahli menentukan bahwa atom itu terdiri dari tiga bagian subatom ( partikel ) yang stabil yaitu Proton, Neutron dan Elektron. Ketiga atom tersebut membentuk atom. Atom tersebut membentuk atom yang merupakan unit dasar dari suatu materi yang terdapat dalam reaksi-reaksi kimia dalam tubuh organisme hidup. Jika proton dan neutron bersatu akan membentuk  inti atom.

2.      UNSUR ( ELEMEN )
Unsur ( Elemen ) adalah suatu subtansi sederhana yang tidak dapat dipecah dalam bentuk lain secara kimia. Unsur alam yang terdapat pada tubuh manusia adalah :
No
Nama Unsur
Jumlah
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
Oksigen ( O )
Karbon ( C )
Hidrogen ( H )
Nitrogen ( N )
Kalsium ( Ca )
Fosfor ( P )
Sulfur ( S )
Postasium ( K )
Sodium ( S )
Klorida ( Cl )
Magnesium ( Mg )
65,0
18,5
9,5
3,3
1,5
1,0
0,9
1,3
0,2
0,2
0,2
3.      ISOTOP
Isotop adalah atom radioaktif yang sifatnya tidak stabil. Mengapa Isotop tidak stabil karena menyesuaikan dengan kekurangan unsur tersebut , misalnya unsur karbon memiliki proton 6, neutron 6 dan berat 12 atom,karbon sering mendapat   1, 2 atau 3 sehungga berat atomnya menjadi 13, 14, dan 15. Dengan kata lain karbon mempunyai 4 Isotop yang berbeda dari unsur yang sama .
Isotop merupakan alat penting didalam bidang Biologi pertanian dan kedokteran tetapi sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.

4.      MOLEKUL, ION, LARUTAN DAN APLIKASI IKATAN KIMIA
      Definisi Molekul, Ion, Larutan Dan Aplikasi Ikatan Kimia yang saling berkaitan.
Molekul adalah elektron komplit dalam orbitnya yang mempunyai kecendrungan untuk melengkapi dengan cara menaruh atau memberikan elektronnya pada atom lain atau disebut ikatan kimia.
Fungsi dari suatu molekul terkadang ditentukan bentuk atau geomtri dari molekul tersebut. Suatu molekul mempunyai elektronegativatas yang hampir sama.
                  Ion adalah dua atom yang memnpunyai perbedaan yang mencolok dalam hal daya tarik berbagai elektron dalam menarik atom yang lain.
      Ikatan kimia adalah proses interaksi elektron komplit dalam orbitnya
Fungsi dari suatu molekul terkadang ditentukan bentuk atau geomtri dari molekul tersebut. Suatu molekul mempunyai elektronegativatas yang hampir sama.

Air sebagai salah satu unsur kehidupan   
Semua kehidupan ini sangat tergantung pada air karena merupakan komponen utama. Dalam sistem kehidupan, air mempunyai berbagai macam fungsi :
1.    Air sebagai pelarut yang baik
2.    Air sebagai pengatur PH
3.    Air sebagai Pengatur suhu
Keadaan air yang sangat banyak di bumi merupakan alasan mengapa bumi ini dapat ditempati organisme hidup 



Karbon sebagai bahan dasar senyawa organik penyusun kehidupan
Atom karbon  yang memiliki 4 ikatan kovalen akan menempatkan karbon di tengah  dan memungkinkan terjadinya molekul yang besar dan kompleks bahkan bergandengan membentuk rantai.
Rantai karbon merupakan dari molekul organik  yang kompleks dalam organisme hidup. Suatu molekul organik ditentukan  oleh susunan atom karbon dan gugus fungsional yang terkandung didalamnya.
Suatu molekul organik dapat meningkatkan dengan adanya isom yaitu molekul yang sama tetapi berbeda dengan rumus molekul yang sama tetapi berbeda rumus bangunan dan propertinya. Fungsi dari suatu molekul berhubungan erat dengan stuktur dari molekul tersebut sehingga keanekaragaman dari suatu molekul merupakan dasar sari keanekaragaman hayati.

Makro molekul utama dalam sistem kehidupan
Ada empat makromolekul  utama  yang dijumpai pada sisitem kehidupan, yaitu :
1.    Karbohidrat
Karbohidrat  adalah makromolekul yang terdiri dari Monosakarida, Disakarida dan Polisakarida.
a.    Monosakarida
Monosakarida adalah molekul yang berfungsi sebagai penyedian energi dalam sel tetapi juga sebagi bahan mentah pada sintesis molekul kecil seperti asam amino dan asam lemak. Monosakarida juga menjadi kunci penting dalam pusat transformasi energi untuk kehidupan. Monosakarida membentuk polisakarida untuk disimpan dalam bentuk cadangan makanan.
b.    Disakarisa
Disakarida adalah molekul  yang dibentuk dari dua buah monosakarida dengan cara sintesis dehidrasi ( pelepasan satu molekul air dalam reaksi kondensasi).
c.    Polisakarida
Polisakarida adalah molekul yang dibentuk dari ratusan atau ribuan dengan cara sintesis dehidrasi.
2.    Lipid
Lipid adalah makromolekul yang tidak larut dalam air. Yang termasuk ke dalam kelompok lipid adalah :
a.    Lemak
b.    Fosfolipid
c.    Steroid / kolestrol
3.    Protein
Proteim adalah makromolekul  yang sangat penting karena dapat membangunm bahan-bahan jaringan dari organ.
Protein juga banyak fungsinya, antara lain :
1.    Fiber
2.    Asan amino
3.    Hemoglobin
4.    Hormon
5.    Aktin dan miosin di otot
6.    Enzim
4.  Asam nukleat
Asam nukleat adalah makromolekul yang mempunyai unit memproduksi dirinya sendiri dan membawa kode untuk mengatur seluruh aktivitas sel. Ada 2 macam asam nukleat yaitu asam dioksiribonukleat (ADN) yang berfungsi sebagai berhubungannya  dengan sifat keturunan  dan mengendalikan semua bagian metabolisme di dalam sel, dan asam ribonukleat (RAN) yang berfungsi untuk menerjemahkan translasi informasi genetik dari DNA ke dalam ekspresi seluler yang karateristik.
Dalam ARN ada informasi genetik, ini merupakan fondamen dari semua organisme  dalam asam nukleat. Asam nukleat merupakan polimer dari nukleotida yang berkaitan dengan cara sintesis  dehidrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text