Pages

Jumat, 09 Desember 2011

Cara Memeriksa Bad Block / Bad Sector Pada Harddisk

Salah satu bentuk gangguan “kesehatan” media simpan harddisk adalah terjadinya bad sector atau bad block. Jika bad block terjadi di tengah cluster (sekumpulan sector) tempat menyimpan suatu data, maka pada kebanyakan kasus komputer akan menjadi hang ketika pengguna mengakses data tersebut.
Low-level formating dapat dilakukan untuk mengupayakan perbaikan terhadap bad block, terutama jika bersifat logikal, bukan yang bersifat fisikal. Namun, sebelumnya kita perlu yakin bahwa keberadaan bad block adalah tersangka utamanya. Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows, untuk melakukan pemeriksaan, kami ajukan alternatif software bernama Windows Surface Scanner yang dirilis oleh DTIdata. Langkah-langkahnya penggunaannya adalah sebagai berikut:
  1. Jika media simpan yang akan kamu periksa bersifat eksternal (misalnya HDD eksternal), hubungkan dulu ke komputer, setelah itu barulah jalankan Windows Surface Scanner.
  2. Kaitkan dulu media simpan yang hendak diperiksa dengan klik tombol Mount.
  3. Sorot (klik untuk memilih) nama media simpan target pada kotak Physical Media List.
  4. Klik tombol Scan untuk memulai pemeriksaan. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  5. Periksa dan cermati keberadaan bad block pada kotak Bad Block List.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber : http://www.tabloidpcplus.com/2011/11/tutorial/tutorial-periksa-bad-blockbad-sector-di-harddiskperiksa-bad-blockbad-sector-di-harddisk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text